Apr 30, 2011

MASJID BERASITEKTUR MODERN


Di kota Mandiri Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung, ada sebuah masjid kebanggaan. Masjid Al-Irsyad namanya. Masjid karya arsitek kenamaan Ridwan Kamil ini mulai dibangun pada 7 September 2009 dan diresmikan pada Agustus 2010.


Kalau Anda perhatikan, pada dinding masjid ini detailnya dibentuk tulisan kaligrafi dengan kalimat As-Syahadah. Jika malam datang, cahaya terang memancar dari dalam masjid dan membuat tulisan kalimat As-Syahadah itu jelas terlihat dengan indahnya. Masjid ini didesain demikian karena terinspirasi oleh Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

Masjid ini cukup luas karena berdiri di atas lahan seluas 1 hektar serta mampu menampung 1.500 jemaah. Desainnya minimalis modern dan sengaja tidak dibuat berkubah seperti masjid pada umumnya. Ruang utamanya memiliki ciri yang sangat khas, yaitu terdapat 99 lampu bertuliskan Asma'ul Husna. Di dalamnya, Anda akan menemukan ketenangan dan kenyamanan beribadah karena konsepnya dipadukan dengan balutan alam. Seperti arah kiblat yang mengarah ke alam terbuka, dan dinding-dindingnya yang berfungsi sebagai ventilasi udara, juga batu-batu alam di bagian pinggir interior masjid.

Masjid Al-Irsyad juga memegang predikat sebagai satu dari lima bangunan terbaik tahun 2010 (Building of The Year), menyisihkan pesaingnya dari berbagai negara. Begitu diresmikan pada bulan Agustus 2010, bangunan masjid yang memadukan unsur lingkungan dan semangat Islami langsung memenangkan hati banyak pihak. (Kompas)

0 comments: